Media Sosial Mulai Dipenuhi Pembicaraan Politik.

Dahulu Setiap ada pemilu / pilpres / pilkada orang tidak peduli siapa yang akan menang. karena bagi mereka siapa yg jadi pejabat tidak akan mengubah keadaan dia. belakangan ini orang2 sudah mulai ikut membicarakan politik…..bahkan sosial media penuh dalam pembicaraan politik.

apakah ini sebuah kemunduran atau kemajuan dalam kehidupan demokrasi indonesia ? menurut saya ini adalah proses kesadaran masyarakat indonesia terhadap sistem demokrasi. karena orang-orang mulai peduli, dengan siapa yang akan duduk sebagai pemimpin. pemilu yg dahulu bersifat mobilisasi massa sekarang mulai berubah menjadi partisipatif terlihat dengan cara masyarakat bergotong royong menyumbang dana kepada kandidat capres. masyarakat dulu dibagi2kan baju secara gratis sekarang masyarakat rela membeli atribut dari kandidat pilihannya.

Apakah orang-orang yg aktif berbicara politik di sosial media ini adalah pengangguran yg dibayar oleh kandidat tertentu untuk mengkampanyekan dirinya ? apakah anda mengenal orang tersebut dan bisa memastikan ini adalah akun sosmed asli bukan akun bot atau akun anonim ? Jika orang2 yg bicara politik disosial media ini adalah rakyat biasa yg tidak berafiliasi dengan partai tertentu itu tandanya rakyat indonesia sudah mulai dewasa dalam menentukan nasib negaranya 5 tahun kedepan. mereka tidak lagi apatis, tapi mereka optimis bahwa kandidat pilihannya adalah orang yang tepat sebagai pemimpin bangsa ini 5 tahun kedepan. demikian pendapat saya mengenai fenomena pembicaraan politik di media sosial.

(Verri Suryadi – Hanya Rakyat Biasa)

butapolitik

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.